Sabtu, 27 Februari 2010

Zigbee


ZigBee merupakan padanan kata Zig dan Bee.
Zig berarti gerakan zig-zag dan Bee berarti lebah. Zigbee memiliki sifat komunikasi yang mirip dengan komunikasi diantara lebah yang melakukan gerakan-gerakan tidak menentu dalam menyampaikan informasi adanya madu ke lebah yang satu ke lebah yang lainnya . Zigbee merupakan teknologi yang memfokuskan data rate rendah, konsumsi daya rendah, biaya rendah, target protokol jaringan wireless untuk aplikasi otomasi dan kendali remote. Komite IEEE 802.15.4 bekerja pada standar data rate rendah, kemudian Zigbee Alliance dan IEEE memutuskan bergabung dan Zigbee merupakan nama komersial (trademark/merk dagang) untuk teknologi ini. IEEE 802.15.4 fokus terhadap dua layer protokol bawah, yaitu physical dan MAC layer. Begitu juga, Zigbee Alliance mengurusi layer protokol teratas (dari Network sampai dengan Application layer) untuk interoperabilitas jaringan data, layanan keamanan, dan cakupan nirkabel home and building control, standar yang berlaku di pasar dan pengembangan ilmiah untuk standar evolusi.

Topologi Jaringan Zigbee/IEEE 802.15.4
Teknologi Zigbee/IEEE 802.15.4 mengakomodir dua jenis topologi jaringan, yaitu single-hop dan multi-hop network. Umumnya single-hop merupakan topologi star, sedangkan multi-hop merupakan topologi peer-to-peer terlihat pada Gambar di bawah ini
Di dalam jaringan Zigbee/IEEE 802.15.4 harus ada satu coordinator yang disebut PAN Coordinator. PAN Coordinator ini bertindak sebagai node pusat dan bertanggung jawab untuk memulai jaringan Zigbee/IEEE 802.15.4 dengan topologi star atau peer-to-peer.
Di dalam topologi star, komunikasi antarnode harus melewati PAN Coordinator (maksimal dua-hop). Topologi peer-to-peer, komunikasi antarnode langsung menuju node tujuan tanpa melewati PAN Coordinator jika node tujuan itu masih dalam coverage area node asal. Topologi yang tergolong peer-to-peer adalah mesh dan tree.



=============================================================================
Sumber:
www.ittelkom.ac.id/library/

0 komentar:

Posting Komentar